Celiaolshop, Siasat Agar Uang Belanja dari Suami Tetap Utuh

oleh -611 views
Sukmawati, owner Celiaolshop di Samarinda.

SAMARINDA, beritakaltim.co- Bagi yang aktif di media sosial seperti facebook, pasti gak asing lagi dengan Celiaolshop.  Penjual tas impor China ini gak pernah sepi dari pembeli. Setiap hari ia bisa menjual 15 sampai 20 tas.

Menurut Sukmawati, owner dari Celiaolshop, ia tidak hanya menjual sendiri dagangannya tapi juga memiliki beberapa reseller yang cukup aktif melakukan transaksi secara on line.

”Kalau gak lagi ada kegiatan, ya saya jualan live di facebook, kalau gak ya para reseller aja yang jualan, saya tinggal kirim-kirim barang aja,” ucap Sukma, panggilan wanita kelahiran 25 Mei 1970 ini.

Menurutnya, dari kegiatan yang sudah ia jalani kurang lebih 3 tahun ini, ia bisa membeli berbagai barang yang iya mau tanpa harus mengganggu uang bulanan dari sang suami yang bekerja di salah satu perusahaan asing.

”Hasilnya sih bukan lumayan lagi, lumayan banget malah, yang pasti kalau mau uang bulanan dari suami utuh ya jualan,” tutur ibu dua anak ini, seraya tertawa.

Bercerita tentang bisnis onliine yang ia jalani, sebenarnya berawal dari keisengan, lantaran hobinya dan sang putri yang gemar belanja online.

”Saya dan putri sulung saya dulunya senang banget belanja online, ya beli makanan, pakaian, pokoknya yang kita suka kita beli deh. Terus kok muncul aja keinginan mau jualan juga. Jadi lah apa aja saya jual. Sampe mangga muda di rumah ortu juga saya jual. Waktu itu saya belum pake kurir. Saya anter sendiri naik mobil keliling Samarinda. Kebayang gak berapa liter bbm yang saya pakai.  Terus uang hasil jual mangga saya pake beli bensin,” cerita Sukma lagi lagi dengan tawa geli.

Cerita Sukmawati, owner Celiaolshop di Samarinda. Bermula dari menjual Mangga.

Menurutnya saat itu dia gak mikir harus dapet untung, tapi ada kebahagiaan tersendiri saat ia berhasil menjual semua mangga.

”Awalnya sih saya gak mikir harus dapat untung berapa, tapi yang jelas ada kepuasan dan rasa bahagia waktu barang yang saya jual ada yang beli. Setelah beberapa bulan barulah saya mulai serius dan mikir barang apa ya yang fokus saya jual, baru lah saya dan putri saya mikir buat bikin nama toko online saya; celia, saya ambil dari nama putri saya Lia, saya putusin ambil tas impor dari Batam, akhirnya sampai sekarang ini ,’ ‘tutur istri dari Yos Hari Anggoro ini.

Menurutnya, meskipun penjual tas Batam di Samarinda sudah lumayan banyak, Namun dia tidak pernah merasa takut bersaing, karena dikatakan Sukma, setiap usaha itu pasti ada hasil. Buktinya setiap hari dagangannya tetap ramai pembeli.

”Alhamdulilah ya setiap saya live ada aja yang beli, karena saya sudah berniat saya dagang tidak semata mata buat saya, tapi juga buat bantu orang lain, bantu saudara, bantu teman, caranya kalau tas saya ada yang beli pasti kan ada ongkir, artinya ada rezeki yang saya bagi buat jasa kurir, atau kalau ada pembeli yang datang langsung itu dari promosi reseller kan ada bagian mereka yang saya sisihkan.  Makanya Alhamdulilah banget dengan niat seperti itu dagangan juga jadi rame ,” cerita wanita penyayang kucing ini.

Makanya Sukma memotivasi buat para ibu rumah tangga di Samarinda, jangan jadikan handphone semata-mata buat selfi dan buat status di medsos. Banyak hal positif yang bisa di gunakan yang jauh lebih bermanfaat bahkan menguntungkan.

”Contohnya ya kayak saya dan ibu ibu lain yang menggunakan sarana media sosial untuk usaha, jual makanan kek, baju jilbab atau apa aja, gak perlu modal besar kok, kaya reseller saya cuma modal handphone sama paket data, mereka bisa punya penghasilan buat membantu keuangan keluarga, yang penting punya kemauan dan sabar. Selain itu jangan lupa berbagi. Itu kunjinya,” tukas ibu cantik ini seraya menunjukan deretan tas jualannya.

Sukma bersama putrinya memang belum memiliki toko untuk menjual tas pasionnya yang mereka datangkan langsung dari Batam, dia hanya menggunakan ruang tamu di rumahnya yang berada di perumahan Borneo Mukti I Blok A Nomor 1, Damanhuri.

“Sebenarnya kepengen sih punya toko gitu, cuma untuk sekarang belum, masih ada agenda keluarga yang dalam waktu dekat mau kita gelar, dan perlu dana besar juga. Jadi yah biar onliine dulu deh, insyaallah kedepannya kita punya,” tukasnya,optimis. #RH