Ahok dan Gossip Pernikahan yang Tertunda

oleh -1.869 views

JAKARTA, beritakaltim.co- Basuki Tjahaya Purnama (BTP) alias Ahok jatuh cinta dengan Polwan berusia 21 tahun, Bripda Puput Nastiti Devi? Berita itu ternyata bukan membuat mantan Gubernur Jakarta itu merasa bahagia. Sebaliknya, dia tidak nyaman berada di dalam lingkaran gossip masalah pribadinya.

Kabar tersebut pertama kali berembus setelah media asing Asia Times mengabarkan bahwa Ahok yang kini menghuni Rumah Tahanan Mako Brimob Kelapa Dua Jakarta akan menikah dengan seorang Polwan. Pengakuan Ahok dituliskan begini;

“Prioritas utama Purnama (Ahok) setelah keluar dari penjara adalah sesuatu yang pribadi, yaitu pernikahan dengan Polwan yang sempat tertunda,” tulis Asia Times Dalam artikel berjudul ‘Military minds aim to keep Widodo power’, Kamis (6/9/2018).

Wartawan semakin percaya setelah mendapat informasi tambahan dari dua orang sahabat Ahok, yakni Ketua DPRD DKI Prasetio Edi Marsudi dan Ruhut Sitompul. Kata keduanya, cinta Ahok-Puput sudah bersemi sejak Ahok berada di dalam sel tahanan dan akan mengakhiri ke pelaminan pada bulan Januari 2019. Yakni selepas Ahok menjalani hukuman penjara.

Bagaimana kebenaran cerita percintaan dan rencana pernikahan itu? Ternyata tidak pernah muncul dari Ahok maupun Puput secara langsung. Malah, boleh dibilang, ini baru gossip.

Karena tak mendapat jawaban dari Ahok maupun orang-orang dekatnya soal hubungan asmara dan rencana pernikahan, Wartawan berusaha mencari nama Polwan yang disebut-sebut itu, yakni Bripda Puput Nastiti Devi. Tidak terlalu sulit mencarinya, karena dia adalah anak seorang polisi juga, yakni Aiptu Teguh dan tinggal di kawasan Cimanggis, Depok, Jawa Barat.

Begitupun ketika akan menemui Puput maupun keluarganya. Semua berjalan lancar. Hanya saja, Wartawan tetap sulit mendapatkan jawaban apakah ada percintaan diantara keduanya.

Puput yang diberondong pertanyaan Wartawan, berkelit dengan kalimat ‘menggantung’. Kata dia; “Doain saja yang terbaik ya”.

Begitu pula keluarganya. Ayah maupun bude yang dekat dengan Puput, tak pernah dengar cerita itu. “Yang tahu Puput kalau masalah itu, anak saya. Yang ngerti Puput, yang jawab nanti Puput deh kalau gimana-gimana. Kalau kita kan takutnya salah ngomong nanti,” kata Teguh kepada Wartawan.

Begitu juga pengakuan Sundari, Bude atau tante Bripda Puput. “Kalau masalah begitu mah dia jarang cerita. Kalau temen cowoknya mah banyak, saya paham tapi,” ujar Sundari di kediamannya di kawasan Cimanggis, Depok.

Sundari mengetahui isu soal rencana Puput akan dinikahi Ahok itu dari pemberitaan sejumlah media. Namun, dia sendiri tidak yakin kalau keponakannya itu akan menikah dengan mantan Gubernur DKI Jakarta.

“Yah kita tidak tahu juga yah, namanya hati orang kan kita tidak tahu tapi tidak ada cerita cerita. Kalau tugas ya tugas, cerita kemarin dia sering upacara dan ada tugas-tugas gitu dari kepolisian, dan tugas Polwan juga. Kalau masalah pribadi cerita mah belum kali, kalau temen cowok ya namanya masih muda, dari dulu emang tidak pernah gitu. Yah kayak biasa sih,” jelasnya.

Bagaimana tanggapan Ahok?

Kakak angkat Ahok, Andi Analta, meminta pihak-pihak yang ingin tahu informasi kehidupan Ahok bertanya langsung. Andi Analta tak mau bicara banyak soal kabar pernikahan adik angkatnya itu.

“Beliau itu sudah titip ke saya. Apapun masalah berkaitan pribadi itu sebaiknya dapat jawaban langsung dapat dari Pak Ahok,” kata Andi Analta kepada wartawan di Gedung Joang 45, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (9/9/2018).

Jawaban agak tegas justru datang dari adik kandung Ahok, Fifi Lety Indra. Dia menegaskan kakaknya itu tak akan pindah agama karena wanita.

Dalam akun Instagramnya, Fifi mengungkapkan; “Sudah jelas tidak mungkin demi wanita @basukibtp pindah agama. Kalau dulu saja diminta pindah agama demi jabatan atau demi tidak masuk penjara dia tidak mau, mana mungkin cuma gara-gara wanita pindah”.

Keteguhan hati Ahok disebut Fifi juga pernah dibuktikan di masa kampanye. Ahok menurut Fifi selalu menegaskan keputusan memilih calon tidak boleh didasari karena calon itu pindah agama mengikuti pemilih.

“Apalagi Ahok selalu bilang pada masa kampanye: ketika ada yang minta “Kalau bapak pindah agama kami pilih bapak” BTP selalu bilang ini salah,” kata Fifi.

Namun Fifi menegaskan keputusan seseorang pindah agama merupakan hak setiap orang yang harus dihormati. “Asalkan memang karena dapat panggilanNya, bukan karena demi hal hal lain,” katanya.

Beberapa orang dekat Ahok ikut penasaran dengan informasi ‘percintaan’ yang menghebohkan publik. Apalagi, selama ini para pembesuknya di dalam Rutan tidak pernah juga mendengar langsung dari mantan orang nomor satu di pemerintahan Jakarta itu.

Justru kabar tak nyaman datang dari Guntur Romli. Caleg PSI itu biasa menemui Ahok ketika jam besuk, tapi sejak ramainya pemberitaan rencana menikah itu Ahok justru tak bersedia menerima tamu.

“Gara-gara ramai soal nikah, Pak Ahok nggak mau ditemui/dikunjungi saat ini, harusnya hari ini saya dan kawan-kawan bisa ketemu,” kata Guntur Romli seperti dirilis oleh detikcom, Minggu (9/9/2018).

Guntur bercerita, tiga pekan lalu sebelum ramai pemberitaan soal rencana nikah itu, Ahok masih mau ditemui sahabat-sahabatnya di Rutan Mako Brimob. Namun setelah kabar itu semakin santer, Ahok jadi susah ditemui.

Guntur menengarai hal ini lantaran Ahok merasa terganggu dengan masalah privasinya. Guntur juga tidak yakin kalau Ahok akan menikah selepas keluar dari penjara nanti.

“Dia itu nggak mau mikir kehidupan di luar penjara karena masih dalam penjara, kata dia kalau mikir hal yang tidak dia bisa, bikin pusing, apalagi mikir nikah,” jelasnya.

Kisah lain menyebutkan, terbangunnya ‘percintaan’ Ahok dengan Puput disebut-sebut karena seringnya perjumpaan keduanya di Mako Brimob. Sebelum adanya perceraian, Veronica Tan sering menyuruh Puput membawa makanan ke sel tahanan Ahok.  Dari sanalah semua dimulai. Ditambah lagi adanya sosok Djarot Saiful Hidayat, mantan Wakil Gubernur Jakarta, yang ikut berusaha menjodohkan setelah Ahok menjadi Duda setelah bercerai dengan Veronica Tan.

Cerita mana yang benar, kita tunggu saja pengakuan Ahok. #le/detikcom